SELAMAT DATANG DI WBS INJOURNEY

Frequently asked questions

Tindakan yang Anda lakukan dapat membantu membuat INJOURNEY menjadi tempat yang aman, jujur dan adil untuk bekerja dengan penerapan AKHLAK terutama Amanah yang tinggi. Perlakuan tidak etis akan memberikan efek negatif kepada tempat kerja dan reputasi INJOURNEY. Dengan melaporkan perlakuan tidak etis, Anda dapat membantu INJOURNEY menjadi efektif dan efisien dan memastikan Karyawan dapat bekerja di tempat yang aman.

Saat Anda menghubungi WBS INJOURNEY, Anda dapat memilih untuk tidak memberikan identitas diri anda atau anda bisa memberi tahu Tim GCG WBS INJOURNEY tentang identitas asli Anda. Kadang kala identitas diri anda dapat diketahui oleh pelayanan Tim GCG WBS INJOURNEY dari informasi yang Anda berikan. Apapun keputusan anda, pelayanan WBS INJOURNEY akan memastikan bahwa identitas Anda sebagai pelapor tidak akan diketahui pihak lain. Pelayanan WBS INJOURNEY akan merahasiakan informasi yang Anda berikan dan hanya memberitahukan kepada pejabat yang ditunjuk INJOURNEY supaya mereka dapat melakukan penyilidikan. Akan tetapi informasi yang diberikan melalui Pelayanan WBS INJOURNEY akan diberikan kepada pihak yang berwenang apabila undang-undang mengharuskan untuk berbuat demikian.

Panggilan yang masuk ke saluran hotline Pelayanan WBS INJOURNEY tidak akan direkam dan juga tidak akan ada caller ID untuk mengidentifikasikan nomor telepon dari panggilan tersebut. Anda tidak akan diminta untuk memberitahukan nama anda, kecuali bila anda sendiri yang memilih untuk memberitahukan identitas diri anda. Laporan anda akan dikenali melalui nomor referensi unik.

Anda bisa melaporkan berbagai kelakuan atau kejadian yang mencurigakan seperti pencurian, penipuan, korupsi, kolusi, penyuapan, pemerasan, penggelapan, ketidakjujuran, kelakuan tidak etikal atau tempat bekerja yang berbahaya yang terjadi di INJOURNEY. Lebih detail tentang pelaporan dapat dilihat pada ruang lingkup pelaporan WBS INJOURNEY.

Jika anda ingin melaporkan tentang kelakuan atau kejadian yang tidak benar, anda bisa memberikan informasi selengkap mungkin, seperti:

  • Nama orang yang bersangkutan
  • Nama saksi (Jika ada)
  • Tanggal, waktu dan lokasi kejadian
  • Perincian bukti
  • Jumlah uang atau aset terlibat
  • Seberapa sering masalah ini terjadi
  • Kategori tindakan/kelakuan/kejadian

Setelah Anda membuat laporan atas kejadian yang tidak benar, Anda tidak akan terlibat lagi. Tetapi jika anda memiliki informasi baru atau tambahan, anda bisa membuat perubahan pada laporan. Anda bisa membuat "follow-up call" dengan memberikan nomor referensi yang telah diberikan ketika anda membuat laporan pertama kalinya.

Pelayanan WBS INJOURNEY akan mengirim Status Pengaduan kepada Pelapor. Tetapi jika Anda melaporkan sesuatu yang membahayakan hidup, kami akan langsung menghubungi Pelapor pada kesempatan pertama laporan diterima.

Tidak ada imbalan yang akan diberikan untuk membuat laporan ke Pelayanan WBS INJOURNEY, namun Perusahaan akan mempertimbangkan setiap pelaporan yang masuk dan valid dengan bukti yang sesuai.

Anda boleh menghubungi Pelayanan WBS INJOURNEY setiap kali Anda merasa ada kelakuan/perbuatan/tindakan tidak benar yang perlu dilaporkan.

Informasi yang dilaporkan kepada Pelayanan WBS INJOURNEY akan dikirim ke Pejabat yang akan menangani laporan ini. Jika INJOURNEY memutuskan bahwa diperlukan aksi pembenaran, maka INJOURNEY akan menghubungi pihak yang berwajib.

Adanya proses penyelidikan tergantung kepada beberapa hal termasuk, informasi yang diberikan, perincian, dokumentasi dan peraturan Perusahaan. INJOURNEY akan memutuskan tindakan lebih lanjut yang layak setelah menerima laporan Anda.

Secara umum, Pelayanan WBS Injourney akan mengumpulkan data pribadi pelapor seperti email, nomor kontak, nama, posisi/kapasitas pelapora, dan alamat. Namun data tersebut hanya digunakan untuk memastikan Tim WBS Injourney Group dapat menghubungi pelapor apabila diperlukan konfirmasi dan koordinasi lebih lanjut. 

Pelayanan WBS INJOURNEY hanya akan menggunakan informasi atau data pribadi Anda selama kami memberikan jasa pelayanan ini kepada anda. Pelayanan WBS INJOURNEY akan mengungkapkan informasi yang didapat supaya INJOURNEY dapat bertindak sesuai dengan laporan yang Anda berikan, seperti yang diwajibkan oleh hukum atau pihak yang berwenang.

INJOURNEY yang bedasarkan hasil hasil pemeriksaan terbukti menyampaikan pengaduan palsu dan/atau menyampaikan pengaduan yang bersifat fitnah dijatuhi hukuman disiplin oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

Sesuai dengan KMK 149 tahun 2011 jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan dalam kurun waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak pengaduan diterima.